People Jaman Now Tangkal Anti Hoax ala Gus Dur

3:33 PM

Pertemuan hangat dengan putri bungsu Gus Dur yang berlangsung di Gedung NU pada Ahad Malam, (25/11) memberikan banyak inspirasi kepada para kader IPNU dan IPPNU untuk menjadi pribadi yang bijak, salah satunya tidak terseret berita hoax.

Berita hoax sudah ada sejak jaman Gus Dur, tetapi Gus Dur selalu menanggapi dengan pikiran yang terbuka dan sederhana. “Dahulu di sebuah media muncul foto bapak saya sedang memangku seorang perempuan, tetapi bapak saya menanggapinya sederhana dan hanya bilang gitu saja kok repot.” Jelas Inayah Wulandari menceritakan sosok Gus Dur ketika mendapati berita hoax.

Lebih lanjut, Inayah memberikan saran kepada seluruh kader IPNU dan IPPNU yang hadir dalam acara Kongkow Bareng itu untuk selalu menjaga keteraturan dan jangan langsung percaya pada berita yang disebar serta jangan malas untuk mencari sumber-sumber lain, jangan hanya percaya pada satu sumber saja. Ini menjadi salah satu bekal dasar supaya tidak terseret berita hoax yang sekarang marak di kalangan masyarakat, terkhusus kids jaman now.

Terakhir, dari pertemuan yang disempatkan oleh Inayah untuk bertemu kader NU, Inayah menegaskan lagi bahwa untuk mengurangi sesuatu kita harus memoerbanyak sesuatu yang berkebalikan. Jadi, untuk meminimalisir adanya berita hoax kita harus lebih banyak menyebarkan berita yang tidak hoax.

“Kalau ada berita hoax muncul, segera verifikasi sebelum lebih dari 4 jam. Kalau lebih dari 4 jam berita sudah menyebar dan susah untuk memverifikasi,” Inayah memberikan tips di akhir perbincangan hangatnya dengan para Kader NU Kudus. (Aang Riana Dewi)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »