Senyum Maret PC.IPNU IPPNU Kab. Kudus

1:05 PM


Serangkaian kegiatan Harlah IPNU ke 62 dan Harlah IPPNU ke 61 dipungkasi pada rabu, 9 Maret 2016. Peringatan Harlah tahun ini diawali dengan Ziarah dan Do'a bersama di makam Ketua IPNU Kudus yaitu alm. Bp. KH. Ma'shum Rosyidi dan para pejuang NU Kudus di komplek Pemakaman Kauman Jekulo Kudus.
Sepekan setelahnya, tepatnya tanggal 01 Maret 2016 dilaksanakan Tasyakuran Harlah IPNU ke 62, Harlah IPPNU ke 61 dan Harlah Komunitas Bedug ke 6 di Aula Gedung NU Kudus. Acara yang dihadiri oleh PC. NU Kab. Kudus, Majelis Alumni dan Pembina serta seluruh rekan rekanita IPNU IPPNU baik PR, PK dan PAC se Kabupaten Kudus ini diawali dengan Muqoddaman Al Qur'an yang dibarengi dengan pembacaan Manaqib Jawahirul Ma'ani berlangsung khidmat. Setelahnya dilakukan pemotongan tumpeng oleh PC. NU Kab. Kudus yaitu Bapak Drs. H. Abdul Hadi, M. Pd. yang diberikan secara simbolik kepada rekan Joni Prabowo selaku Ketua IPNU dan kepada rekanita Futuhal Hidayah selaku Ketua IPPNU Kudus.

Selepas melaksanakan ibadah sholat maghrib, rekan rekanita disuguhi pementasan spektakuler dari Komunitas Bedug yang pada kesempatan itu juga memperingati Harlah yang ke 6. Selain menampilkan jenis pementasan berupa teater, Bedug juga memberi suguhan "traditional percussion"  gabungan dari rebana, dumbuk dan kendang yang memecah suasana bertambah ramai.
Usai pementasan tersebut, acara dilanjutkan dengan Dialog Budaya bersama Bapak H. Aris Junaidi selaku Ketua Lesbumi Kudus dan rekan Abu Hasan Asy'ari sebagai penikmat seni. Keduanya menyampaikan tentang bagaimana budaya NU yang dulu dan sekarang. Dalam dialog tersebut, pak Aris yang juga pernah menjadi ajudan Gus Dur menyampaikan "Saya itu pernah dipeseni Gus Dur begini -Ojo sedih nek institusi podo ilang, tapi sediho nek tradisine dewe iki ilang- yang dimaksud Gus Dur adalah, tradisi kita harus kita pelihara, mulai dari diri kita sendiri".
Diakhir dialognya, pak Aris berharap bahwa rekan rekanita IPNU IPPNU untuk bisa terus menjaga tradisi yang sudah ada.

Pungkasan kegiatan Harlah terlaksana pada pagi tadi. Dimulai dengan melaksanakan sholat Gerhana Matahari Total oleh pengurus PC  IPNU IPPNU Kudus di Masjid Agung Kudus dan menyaksikan Gerhana Matahari Total didampingi oleh Bapak KH. Agus Yusrun Nafi selaku Lajnah Falakiyah NU Kudus yang juga putra Alm. KH.Ma'shum Rosyidi. Setelahnya, pengurus PC IPNU IPPNU Kudus bersilaturrahim ke kediaman Ketua IPPNU Kudus pertama kali yaitu Ibu Hj. Kustiyah di Purwosari Kota Kudus. Meskipun sudah berusia sepuh, beliau fasih bercerita tentang ingatan tajamnya atas perjuangannya bersama teman-temannya nguri-nguri IPPNU di Kudus. Hal tersebut menambah energi kepada pengurus untuk terus semangat menyelesaikan amanah ini yang tinggal beberapa bulan akan dikonferensikan. Diakhir silaturrahim, beliau kembali menyulut semangat para pengurus dengan iringan do'a, semoga pengurus diberi kekuatan lahir batin dan dilancarkan urusannya untuk berkhidmat di IPNU IPPNU.


"Harmoni Cinta Negeri Wujudkan Pelajar NU yang Luhur Berbudi Pekerti"
*nCuz


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »