​Ulang Tahun, IPNU dan IPPNU Kudus Ziarah ke Makam Muasis

2:03 PM

​Tak selayak ​hari biasanya, komplek pemakaman Kauman Mbareng Kecamatan Jekulo Kudus Selasa sore kemarin (23/2) ramai dikunjungi puluhan pemuda putra dan putri. Sebagian dari mereka mengenakan atribut lengkap sebuah organisasi pelajar NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), juga Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).


M​emperingati ulang tahun ​organisasi, para aktivis IPNU bersama IPPNU Pimpinan Cabang Kabupaten Kudus itu bersama-sama ziarah ke makam KH. Ma’sum Rosyidi, yang dikenal sebagai pelopor sekaligus pendiri banom untuk pelajar NU di Kudus.


Selain memakai seragam lengkap organisasi, sebagian bahkan ada yang sengaja membawa bendera IPNU, kemudian dengan bangga dipegang erat saat berdoa.

Sebelum berziarah, di hari sebelumnya mereka sowan terlebih dahulu ke kediaman keluarga Mbah Ma’sum. Kegiatan sowan tersebut merupakan bagian dari usaha meneruskan ikatan silaturrahim para generasi penerus IPNU dan IPPNU Kudus kepada keluarga para pendahulunya.

"Pak Yai Agus Yusrun Nafi' yang mendampingi teman-teman ziarah ke makam. Semoga dengan acara ziarah bersama ke makam Mbah Yai sore ini, teman-teman aktivis bertambah cinta kepada organisasi dan para sepuh Kyai" kata Futuhal Hidayah, Ketua PC IPPNU Kudus.


KH. Ma’sum Rasyidi dimakamkan di komplek pemakaman belakang komplek Pondok Pesantren di Mbareng, Jekulo, Kudus. Satu area dengan pemakaman KH. Ahmad Basyir, yang dikenal luas sebagai Syaikh Mujiz Dala’il Khairat dari Kudus.

Tradisi sowan ke komplek Mbareng memang tak jarang dilakoni oleh pengurus IPNU bersama IPPNU Kudus. Tak hanya sowan ke ulama yang masih hidup, namun juga kepada yang telah wafat. Beberapa bulan lalu mereka juga telah bersama menziarahi KH. Tholhah Mansur dan Nyai Umroh Mahfudhoh, di makam masing-masing.

Kegiatan berkunjung ke Mbareng tersebut merupa satu dari rangkaian agenda Harlah bertema “Harmoni Cinta Negeri Wujudkan Pelajar NU Luhur Berbudi Pekerti”.[]

Istahiyyah


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »