Semaraknya Oktober di Lingkungan PC IPNU dan IPPNU Kudus

9:55 AM


Oktober tahun ini digadang menjadi bulan penuh berkah. PC IPNU bersama IPPNU Kudus menggelar berbagai agenda sehingga bulan ini penuh dengan kesibukan. Sejak pengisian data base seluruh pimpinan di Kabupaten Kudus, pertemuan antar sekretaris, turba tahun ke-2, Latihan Gabungan CBP bersama KPP se-Korda Pati (LATGAB), Sholat Istisqo’, haflah hari Santri, Workshop Jurnalistik, hingga Diklat Administrasi yang akan di laksanakan di bulan oktober ini dan Workshop Kesenian di awal bulan November nanti.

Agenda pengisian data base bagi seluruh pimpinan IPNU dan IPPNU di Kabupaten Kudus sebenarnya sudah dimulai sejak aktifnya website ipnuippnukudus.or.id. Pengisian ini dalam rangka memenuhi pendataan potensi kuantitas kader belia NU di Kudus. Segenap PAC, PR hingga PK, ditargetkan dapat mengisi data base secara online maksimal akhir Oktober ini. Artinya, di akhir bulan Oktober nanti diharapkan sudah mengisi semua, sehingga dapat segera direkap oleh bidang Litbang.

Pertemuan sekretaris dilaksanakan pada Jum’at (2/10) kemarin. Pertemuan ini terkait dengan rutinitas para sekretaris yang bergelut di ranah administrasi dan persuratan. Pertemuan ini sekaligus awal dari agenda Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Administrasi yang rencananya akan dilaksanakan pada Jum’at (30/10) mendatang. Diklat administrasi dalam rangka menyamakan persepsi dan pemaparan mengenai tata cara administrasi yang benar sesuai tata administrasi di organisasi IPNU dan IPPNU dan sekaligus akan di adakan beberapa pelatihan yakni Pelatihan Dirigen, Pelatihan Keprotokoleran dan pelatihan Persidangan pada waktu yang sama.

Agenda turun ke bawah (turba) pada tahun ke-2 ini dimulai pada Senin sore (5/10) kemarin di aula MWC NU Kecamatan Kota, Gedung PC NU Kudus lantai 2. Berbeda dengan turba pada tahun pertama yang mana Cabang mendatangi satu persatu PAC di lingkungannya masing-masing, turba kali ini sembilan PAC di Kudus digabung menjadi tiga kelompok, setiap kelompok terdiri dari tiga PAC. Ketiga kelompok itu antara lain 1) Kaliwungu, Kota dan Jati; 2) Mejobo, Undaan dan Jekulo; 3) Gebog, Dawe dan Bae.

Pelatihan Gabungan (Latgab) CBP bersama KPP rencanya dilaksanakan bertepatan pada pergantian tahun Hijriyyah, yakni bertepatan dengan tanggal 13-14 Oktober nanti. Pelaksanaan Latgab di lapangan Rendeng kecamatan Kota. Latgab ini bukan hanya melibatkan peserta dari Kudus, melainkan se-Korda Pati. Berbagai DKC CBP dan KPP yang sedianya mengirimkan peserta untuk kegiatan ini antara lain; Lasem, Jepara, Pati, Rembang, Grobogan, Blora, dan Kudus sendiri. Dan nantinya pada tanggal 14 Oktober 2015 sekitar Jam 12.00 seluruh peserta LATGAB dan Kader IPNU IPPNU sekudus akan mengadakan Sholat Istisqo’ Berjamaah di Lapangan Rendeng, ini sebagai wujud Ihktiar serta doa bersama para kader NU sekudus  terkait Musim Kemarau yang Panjang ini semoga segera berakhit.

Haflah perayaan hari Santri yang ditandai dengan meletusnya fatwa Resolusi jihad pada perang masa kemerdekaan bangsa kita ini akan dimeriahkan dengan apel dan pawai massal pada Kamis (22/10). Agenda ini bukan murni agenda PC IPNU dan IPPNU Kudus, melainkan justeru ini merupakan instruksi langsung dari PC NU Kabupaten Kudus. PC NU Kudus menyelenggarakan perayaan ini bersama para badan otonom, Lembaga dan Lajenah NU se-Kabupaten Kudus. Ditaksir ribuan peserta akan memenuhi alun-alun simpang tujuh saat apel dan jalan raya Kudus bagian timur saat pawai. Peserta pawai adalah segenap santri dan pelajar NU di Kudus. Finish pawai rencananya akan dititikkan di SMA NU Al-Ma’ruf . dan pada Tangal 23 Oktober Dilanjutkan Sarasehan Santri di Pondok Yanbu’ul Qur’an dan di akhiri Halaqoh Ulama’ pada tanggal 24 Oktober nanti.

Workshop Jurnalistik merupakan agenda selanjutnya yang akan IPNU IPPNU Kudus Kegiatan ini merupakan ajang pengembangan minat kreatifitas di dunia kepenulisan dan penerbitan. Peserta diambil dari delegasi setiap PAC, PR, hingga PK yang telah lulus seleksi pada screening (16-17/10). Pelaksanaan workshop di pondok pesantren Tanwirul Qulub, Loram Kulon kecamatan Jati, pada Jum’at pagi (23/10) setelah hari sebelumnya melaksanakan pawai santri. Follow up dari kegiatan ini sedianya akan diarahkan pada kemahiran menggarap majalah Pilar, bulletin Adz-dzaka’, fanspage facebook IPNU bersama IPPNU Kudus, hingga website milik IPNU dan IPPNU Kabupaten Kudus. Selain itu, alumni peserta ini juga digadang dapat menjadi pionir tradisi literasi di masing lingkungan pimpinan IPNU atau IPPNU yang digelutinya.[ist]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »