“SEJARAH PERUBAHAN LAMBANG IPNU”

8:21 AM

Setelah diprakarsainya pendirian Organisasi IPNU oleh para pelajar yang dimotori Shofyan Kholil (Jogja), Abdul Ghoni (Semarang) dan Tolhah Mansyur (Malang) di Semarang pada tanggal 20 Jumadil Akhir 1373 H/ 24 Februari 1954 , maka salah satu yang harus dipenuhi adalah Identitas atau Lambang Organisasi.

Lambang IPNU Berbentuk lingkaran, terdapat simbol-simbol yang menginduk pada lambang NU semisal Bintang 9, serta simbol-simbol pelajar seperti Bulu Angsa, Dua Buku dan Nama Organisasi yang tercantum didalamnya.

Namum patut diketahui bahwa dalam sejarah IPNU dari awal berdiri tahun 1954 sampai dengan 2015 ini, Lambang IPNU sempat mengalami beberapa perubahan bentuk, tetapi tidak mengurangi satu simbol pun dari awal. Perubahan lambang IPNU dari masa ke masa lebih pada fariasi peletakannya dan font hurufnya. Ada beberapa contoh lambang sebagai mana digambar tentang perubahan lambang tersebut.

Perubahan lambang ini jelas tidak mengurangi ideologi organisasi yang memang merujuk Lambangnya kepada Organisasi Induk yakni NU. Tetapi keserasian lambang tersebut harus kita jaga, bukan serta merta ketika lambang berubah boleh diartikan ideologi berubah, TIDAK.



Lalu mana lambang terbaru IPNU pada saat ini ??

Lambang IPNU saat ini adalah lambang hasil perubahan yang terdapat dalam buku POPA IPNU yang dikeluarkan Pimpinan Pusat IPNU pada yahun 2010. Yakni font tulisan IPNU dengan huruf Bookman Old Style Bold dengan tiga titik pemisah bulat diantaranya. Bulu angsa yang naik keatas dan Dua Buku dengan warna putih.

Dalam surat menyurat, wajib  Rekan-rekan ketahui bahwa lambang organisasi yang benar sesuai dengan peraturan Organisasi adalah demikian, dan ini berlaku secara Nasional.


Harapan kami sabagi kader IPNU tentu saja Lambang yang sekarang ditetapkan sebagai Lambang Tetap sampai kapanpun. Agar tidak terkesan gonta-ganti, karena dari Lambang tersebut tercermin sebuah Nilai Sakral tentang makna Organisasi kita tercinta ini. Pun pula dengan sistem administrasi, bila mana selalu berubah akan sangat mempengaruhi kinerja dan wajah organisasi. (Wahyu SD/Jp)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
October 3, 2015 at 9:06 AM delete

Keren bro,,, pake domain sendiri. Kab. Tegal juga punya tapi masih pake blogspot http://ipnukabupatentegal.blogspot.co.id/

Reply
avatar