Perspektif ke-Kudus-an dalam IPNU-IPPNU

11:36 AM



Pandangan Kudus dalam organisasi di tubuh IPNU IPPNU serta serba serbi Budaya Kader Kudus terkait dengan IPNU IPPNU di wilayah Kabupaten Kudus.
Letak Geografis;
Kudus dibagi atas 9 kecamatan yang tersebar dari dataran tinggi Lereng Muria hingga lembah daerah Undaan. Tak dipungkiri bahwa letak geografis suatu wilayah juga mempengaruhi organisasi tersebut dalam mobilitasnya. Pun demikian dengan Kudus. Dalam perkembangan organisasi IPNU IPPNU di Kabupaten Kudus secara garis besar telah berjalan dinasmis dengan adanya PAC di 9 kecataman aktif semua, dan total 104 desa dari 136 desa di Kudus yang ada IPNU-IPPNUnya.
Tetapi seharusnya letak geografis dan wilayah Kabupaten Kudus dalam mobilitas organisasi, TIDAK SEBANDING dengan kabupaten tetangga kita, sebut saja PATI dan JEPARA. Ya ... Pati letak geografisnya membentang mengelilingi Gunung Muria bagian timur mulai dari Tayu sampai dengan Sukolilo, Jepara juga demikian melintag Gunung Muria bagian Barat mulai dari Keling sampai Mayong. Bayangkan jika PC tersebut melakukan tour kaderisasi, butuh waktu berapa jam dan jarak tempuh yang hampir 10 kali lipat daripada wilayah Kabupaten Kudus.
Nah .. seharusnya urusan tersebut sedah selesai karena dalam ngubengi kudus dari Colo hingga Kalirejo atau Sidorekso sampai Gondoharum, Cuma butuh waktu 30-45 menit saja. Itulah mengapa Kudus dalam pandangan kaderisasi dan organisasi cukup diuntungkan sehingga banyak melahirkan kader dari berbagai plosok Kudus.
Budaya sosial kemasyarakatan dan Ekonomi;
Kudus merupakan 1 Kabupaten yang kecil tapi terdapat 2 Waliyullah, Mbah Sunan Kudus dan Mbah Sunan Muria. Hal ini jelas mempengaruhi ghiroh rekan rekanita dalam berjuang. Dalam ajaran ahlussunah wal jama’ah terdapat amaliyah ziarah kubur. Nah di Kudus tak lengkap rasanya menjadi cah ipnu-ippnu jika tidak melaksanakan kegiatan ini sekaligus mempererat sillaturrahim organisasi.
Dalam budaya kemasyarakatan juga ada ajaran “GUSJIGANG” Bagus Ngaji dan Dagang, nah ini yang banyak menjiwai kader IPNU IPPNU Kudus dalam berjuang di organisasi ini, bahwa dalam ngrumati organisasi kita kader kudus juga dituntut untuk kerja keras nguripi organisasi, bukan malah mencari hidup diorganisasi. Dengan bekerja maka kita sebagai anggota tentu tahu akan kebutuhan organisasi dan bisa lebih mandiri dalam hal pribadi maupun organisasi
Dalam sikap juga kader kudus tidak terlalu idealis sebagai cerminan “bagus” dan tak diragukan lagi lingkungan santri yang telah sejak dulu diajarkan Sunan Kudus dan Sunan Muria juga melekat pada lingkungan kudus, banyak sekali tempat-tempat kajian keilmuan agama, tidak hanya di pusat kota atau Menara saja tetapi banyak tempat sehingga nuansa santri pada orang kudus melekat.
Ilmu dan Pendidikan;
Kudus sejak dulu terkenal salah satu pusat berkembangnya pendidikan baik ilmu agama maupun ilmu umum. Hal tersebut juga tercermin tidak pernah absennya kader dari sekolah-sekolah yang langsung di asuh oleh romo-romo kyai masyhur di kabupaten kudus dalam peredaran kader di IPNU IPPNU Kudus.
Pola Kaderisasi dan Gerakan;
Dalam kaderisasi yang ada di IPNU IPPNU seluruh Kudus telah mampu mengadakan kaderisasi secara mandiri, semua Pimpinan Ranting di Kab. Kudus telah mengadakan MAKESTA yang merupakan program wajib bagi setiap periode kepengrusan. Jaringan kader antar wilayah di Kudus juga memiliki kekhasan sendiri bahwa Kudus dalam berIPNU-IPPNU memiliki satu tujuan yakni berkhidmah kepada organisasi tercinta. Alumni-alumni IPNU-IPPNU merupakan aser organisasi yang tak akan pernah putus sumbangsihnya kepada organisasi, maka para alumni di Kab. Kudus juga salah satu sisi pemicu para kader dalam beraktifitas diorganisasi.
466 Kudus;
Hampir 5 abad peradaban Kudus terlahir berkat jasa para Wali para Sesepuh maka kita sebagai warga kudus haruslah bangga menjadi “Orang Kudus” yang selalu merawat dan melestarikan budaya kudus melalui jalur organisasi. Kita pun sebagai generasi Nahdliyin Kudus haruslah bangga dengan budaya lokal yang itu merupakan pusat perkembangan Islam yang dicerminkan dalam slogan Islam Nusantara Ala Kudus.
Selamat Hari Jadi Kota Kudus. Aku Bangga Jadi Orang Kudus. Bangga Berjuang untuk Kudus
Sek. PC IPNU Kudus

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »