IPNU-IPPNU Kudus Siapkan Pelatih Pengkaderan Handal

2:03 PM

Dalam upaya mencetak pelatih pengkaderan, Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kudus mengadakan Latihan Fasilitator (Latfas) I di Gedung MWCNU Mejobo. Kegiatan yang berlangsung Jum'at-Ahad (8-10) ini diikuti 40 peserta dari pengurus cabang dan perwakilan Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU se-Kudus.

Ketua PC IPNU Kudus Joni Prabowo mengatakan, Latfas merupakan kebutuhan organisasi yang mendesak dan penting guna mempersiapkan pelatih handal yang siap diterjunkan pada ajang pengkaderan. Dimana, pada liburan sekolah mendatang banyak agenda pengkaderan yang butuh penanganan tim pelatih.

"Peserta latfas ini adalah kader pilihan handal yang diharapkan mampu membawa kaderisasi NU menjadi semakin berkembang baik," katanya.

Menurutnya, IPNU-IPPNU ke depan ditentukan oleh keberhasilan kaderisasi. Begitu pula, keberhasilan itu tidak bisa lepas dari kebersamaan. "Dari sini perlu ada kerjasama dan kebersamaan menangani pengkaderan," tegas Joni.

Ketua PW IPPNU Jateng Umi Sangadah mengapresiasi pelaksanaan kaderisasi di Kudus. Menurutnya, kondisi pengkaderan sudah baik dan bisa menjadi standar acuan kaderisasi tingkat nasional.

"Beberapa cabang di Jateng saya arahkan untuk studi banding merujuk ke IPNU-IPPNU Kudus yang berhasil melaksanakan pengkaderan di semua jenjang," tandasnya saat sambutan pada pembukaan Latfas Jum'at (8/5) pagi.

Sementara Majlis Alumni IPNU Kudus Sholeh Syakur yang membuka acara mengharapkan Latfas harus benar mencetak kader yang berilmu dan bermanfaat bagi kaderisasi berikutnya. "Latfas harus bisa membangun kader berkualitas," katanya.

Syakur mengingat kader IPNU-IPPNU tidak menjadi kader yang terputus. Sebab,  bila hal itu terjadi tidak akan menguntungkan NU dari sisi kaderisasinya.

"Jenjang pengkaderan IPNU-IPPNU sudah baik namun jangan sampai terputus. Harus berjenjang menuju kaderisasi berikutnya," tandasnya.

Kegiatan latfas yang bertema mengembangkan ideologi, skill pelatih berkarakter ini, para peserta mendapat bekal ilmu kepelatihan dan ketrampilan menangani pengkaderan. Antara lain, sistem kaderisasi IPNU-IPPNU, falsafah dan pendidikan kader, metodologi dan media pendidikan kader, kefasilitatoran, manajemen pengkaderan dan lainnya. Selaku narasumber berasal dari alumni IPNU-IPPNU Kudus dan fasilitator dari PW IPNU-IPPNU Jawa Tengah. (Qomarul Adib

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »