Sukses Akademik sekaligus Sukses Organisasi... Why Not?

3:27 PM

Sebagai seorang siswa tujuan utamanya adalah belajar. Akan tetapi seorang siswa akan mempunyai nilai tambah jika dia tidak hanya sukses pada nilai akademiknya saja, melainkan aktif juga dalam berorganisasi. Why? 
Karena dengan berorganisasi dia akan memperoleh tiga skill, yaitu work as a team, work as a leader, and work with management. Dan skill itulah yang dibutuhkan pada kehidupan yang sebenarnya.
Tapi hal tersebut tidak semata-mata kalian menduakan soal belajar lho ya... keduanya saling melengkapi dan punya nilai penting yang sama.
So,,jika kalian pengen punya daya intelektual yang tinggi dan lincah juga dalam berorganisasi, ni q punya tips cerdas buat para pelajar yang sekaligus sebagai aktifis agar antara belajar dan organisasi sama” jalan... yuuk kita simak bareng-bareng... Cekidot!

1.      Buat jadwal kegiatan rutin
Sejauh hal yang saya lihat selama ini, orang yang sukses entah mengapa selalu memiliki jadwal terhadap kehidupannya setiap hari. So, jika kalian ingin kehidupannya lebih tertata dengan baik, maka buatlah jadwal kegiatan rutin kamudian jalan lurus sesuai jadwal rencanamu. Mulailah berkata 'tidak' pada hal-hal yang dapat merusak alur rencana.

2.      Gunakan skala prioritas untuk mengatur aktifitas kalian
Jikalau kalian dihadapkan pada dua pilihan, antara ngerjain tugas sekolah dan mengikuti acara yang diselenggarakan oleh organisasi kalian. Maka gunakanlah skala prioritas untuk memecahkan masalah tersebut, yakni kalian mengikuti acara itu setelah kalian selesai mengerjakan tugas dari sekolah.

3.      Jangan menunda pekerjaan
“Start it NOW”. Itulah komitmen yang harus kita tanamkan dalam diri kita untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

4.      Komunikasi
Bangunlah komunikasi yang sebaik-baiknya dengan teman sekolah maupun teman organisasi agar kalian selalu update informasi dan jikalau terjadi halangan (tidak bisa melaksanakan tugas) maka teman yang lain akan segera mengetahuinya.

5.      Optimis dalam berorganisasi
Ingatkan pada diri kalian, bahwa organisasi itu bukannya tidak penting. Ingat! Dengan berorganisasi kalian bisa terlatih untuk bersosialisasi dengan orang lain dan dengan bersosialisasi kalian akan mendapat banyak manfaatnya.

6.      Fokus dan berikan yang terbaik
Dalam melakukan segala sesuatu, lakukanlah dengan fokus dan jangan setengah-setengah. Dan jangan lupa selalu  berusaha untuk mengerjakan sesuatu dengan kemampuan terbaik kalian. Contohnya jika kalian disuruh membuat tugas. Lakukan itu dengan sebaik-baiknya. Jika kalian melakukan dengan setengah-setengah dan hasilnya  tidak memuaskan sehingga kalian disuruh mengulang, maka itu akan sangat merugikan kalian karena akan membuang waktu saja.
Meski awalnya mungkin terasa berat buat kalian, namun jika kalian menjalaninya dengan sungguh-sungguh, percayalah kalian akan memetik buah manisnya kelak.. Ingat pada hadist خير النّاس انفعهم للنّا س .

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »